Senin, 28 September 2009

Ribet, ruwet, capek, bokek!!!!!!

Oke-oke, saya ngaku. Saya memang punya masalah dg komitmen. Kalo selama bbrp minggu terakhir (saya tak ingat tepatnya berapa minggu) saya tidak menulis, itu cuma satu hal yg membuktikan permasalahan saya dg komitmen.
Selama saya tak ngeblog, bukan brarti saya nganggur2 aja di rumah. Acara tuh ya, puadat merayap. Sibukk...bukk...bukk!!!! Pertama yah, dari bulan Juli tuh udah dikontrak (ciee...dikontrak, diajak aja gitu napa?) buat konser bareng Moulaz. Kecil2an aja, cuman nyanyi 6 lagu. Konsernya jg cuman di kapel RS. Tapi, yg namanya kagak pernah latihan tuh keliatan bgt pas latihan. Napas udah lewat lubang mana2, untung lubang bawah kagak ikutan. Perut sudah menggembul dan susah diajak bergerak. Wadoohhh...jadi 2 bulan latihan bener2 haru fokus pikiran dan tenaga buat mengejar ketinggalan. Padahal jadwal latihan bentrok sama jadwal English Club. Repotlah saya mengejar ketertinggalan. Trus tau2 dimintai tolong ikutan lomba koor antar paroki. Waow...padahal kukira aku tidak beredar di lingkaran itu. Yah, ketambahan jadwal latihan lagi deh.
Udah gitu, bulan puasa. Ga repot juga sih, cuman si Maman nih mulai jualan gudeg lagi. Walah...rumah jd berantakan ga ada yg beresin. Trus menutup bulan puasa adalah hajatan besar keluarga, Syawalan keluarga besar. Dimana? Di rumahku.. Ribet, repot, capek, bokek campur aduk jadi satu. Huaduh...ngebayangin udah super pusing. Mana sehari sebelumnya tuh temenku tunangan, jd harus bolos sejenak dari keribetan di dapur. Acaranya sih biasa, macem pengajian dulu (lucu ga sih, pengajian di ruangan yg isinya patung Yesus, Bunda Maria dan full foto2 tokoh rohani), halal bihalal, trus makan2.
Abis itu, belum sempet istirahat udah konser aja. Sibuk..sibuk....Tapi, konsernya lumayan sukses sih. Walo yg nyanyi grogi semua. Huehehehe...kelamaan kagak mentas jd demam panggung. Secara artistik, babak satu ambyar. Babak dua juga ga mulus. Hahahaha...kalo ga mulus gitu, sukes di sebelah mananya yah? Yah, kita sukses bikin orang ketagihan. Huahahahaha......Yah, bakalan lanjutlah ke konser berikutnya dengan tema Klasik. Huaaa...Mozart, Bethoven, dkk sudah menunggu. Kapan konsernya? Mmmm..ga tau ya. hahahaha....Pokoknya lanjut aja deh.
Selesai latihan buat konser, masih ada latihan buat lomba minggu depan. Trus minggu depannya lagi, ke Cilegon, nyanyi buat nikahan temen. Huaaaa......!!!!!! Belum bisa istirahat nih ceritanya. Semoga saja tidak kecapekan sampe sakit.

Rabu, 16 September 2009

Random things in freaky saturday

Malam minggu kemaren, tumben2an aku lagi akur sama mbakku. Kita berdua janjian buat malem mingguan bareng. Janjinya sih berangkat jam 4 sore, tp kenyataan tetep wae molor..Gara2 rebutan laptop, jadinya kita berangkat jam 6. Pemberhentian pertama ke salon langganan. Awalnya cuman aku yg ribut pengen potong rambut gr2 poni udah kepanjangan, akhirnya mbakku ikut2an potong. Dasar manusia yg mudah dipengaruhi. Hasil potongannya tidak mengecewakan. Yo..secara aku cuman ngrapiin potongan yg udah acak adul. Dari pengalaman potong ini kami menyimpulkan kalo potong rambut sebaiknya tidak mengajak ibuku. Suka ngatur2 ga jelas soalnya.
Abis potong kita nyebrang ke Malioboro Mall. Ternyata pilihan waktunya amat sangat tidak tepat. Malioboro penuh sesak. Masuk ke mall juga tambah rame. Malem minggu plus mau Lebaran jadi semua orang tumplek blek nyari baju baru. Niat awal mo cari sepatu sama perdaleman. Tapi berhubung bagian sepatu penuh sesak, jadi kita males dan langsung ke bagian perdaleman. Dah dapet yg cocok liat2 baju. Eh...nemu bagian dompet. Mengingat dompet yg menjelang jebol, kuputuskan untuk nyari dompet aja. Seperti biasa, yg niat beli siapa, yg heboh malah mbakku. Mendadak dia narik2, maksa aku buat ngasih pendapat ke dompet2 yg dipilihnya. Tidak menyenangkan sekali. Dan terjadilah percakapan berikut

Mbakku : Dek, dompet ini sama yg ini bagusan mana? (sambil nunjuk 2 dompet)
Aku : eng......(ga merhatiin soalnya masih bingung nyari dompet buat aku sendiri)
Mendadak di belakangnya mbakku ada suara.....
SPG Matahari : Itu dompetnya SAMA, kak.

huahhahahahahahahahahahahahahahahaha....................
Bodoooohhhhhhhhh...........................

Trus waktu aku dah dapet dompet dan mbakku nyerocos sendiri kalo mo beli dompet bulan depan, mbak SPG yg sama ngomong, "Tar dompetnya keburu abis lho, kak." Dengan jujur mbakku bilang, "Ih boong banget. Saya kan bulan lalu liat dompet model yg sama di Gramedia." Selamat deh, sudah berhasil membongkar kebohongan SPG counter dompet..
Pulang dari Malioboro Mall, ngopi dulu di Cafe Paris di Jalan Parangtritis yg suka disingkat Jl. Paris. Mendadak mbakku pengen kopi Bali dan ice coffee mocha. Yak, sudah bisa ditebak, ujung2nya aku disuruh pesen kopi Bali. Kalo suka kopi pahit, ni kopi lumayan enak sih, cuma keasamannya lebih pekat. Trus ice coffee mocha-nya udah abis, ribut lagi. Pengen pesen lagi. Ya sudah, dia pesen ice choco apa gitu dan aku pesen mousse coklat. Awalnya nyinyir aja gitu, ngeributin ngapain aku pesen mousse, ujung2nya tetep dia melahap separo jatahku. Kunyuk!!!! Di cafe dari jam 9 sampe mo tutup aja di jam 11. Isinya ngobrolin si Maman lagi. Huahuahua...kami memang anak durhaka. Tapi, gimana yah...ibuku tuh terlalu lucu utk tidak dibahas.
Liat majalah Femina dg resep2 kue, jd pengen bikin kue. Tp oven rusak begitu juga mixer. Jadi membahas kerusakan mixer, pas lagi dipake ibuku buat bikin adonan roti mendadak mixernya meledak. Huahuahuahuahua............Benar-benar mixer yg aneh....
Ngobrol2..sampe ngantuk trus pulang. Lumayan menyenangkan sih, malem mingguan sama mbakku, tp kapan nih bisa jalan sendirian. Aku pengen jalan2 sorangan. Tp mengingat mo libur Lebaran, sepertinya harus menunggu minimum 2 minggu lagi.

Rabu, 09 September 2009

Mother and Daughter

Sudahkah aku cerita kalo simbahku tinggal di rumahku? Well, kalo belum sekarang aku bilang yah. heheheh.... Simbahku ini tinggal satu2 nenekku yg masih hidup. Kakek-nenek dari pihak bapakku udah meninggal, demikian juga kakek dari ibuku. Jadi, simbahku ini ibunya ibuku. Udah tua banget deh beliau ini. Walo umur pasti ga ketauan. Pokoknya sekitar 80an akhir ato 90an gitulah. Sebenernya simbahku ini punya rumah sendiri dan tinggalnya sama budheku dan anak2 budheku. Kenapa sampe pindah ke rumahku? Singkat kata, budheku ogah ngurusin simbahku yg sudah mulai sakit2an dan ga bisa jalan ini. Ngomongnya sih enak didenger, tapi kenyataannya nol besar. Tetep aja ibuku yg ngurusin. Daripada ibuku capek bolak-balik ke rumah simbahku mending simbahku diajak pindah ke rumah aja.
Simbahku ini, yah seperti manula pada umumnya, sikapnya berubah jadi seperti anak kecil. Banyak maunya, rewelnya, DAN....suka nyuruh2 ibuku. Kalo biasanya aku yg suka marah2 gara2 disuruh2 sama ibuku, kali ini ibuku yg eyel-eyelan sama simbahku. (huekekekekeke...) Ini jd mengingatkanku kalo ibuku juga punya posisi jadi anak. Saat berhadapan dg simbahku, ibuku ada di posisi yg sama denganku saat berhadapan dengannya. Dan aku jadi sadar kalo suatu saat di masa depan, aku akan ada di posisi ibuku dan menghadapi masalah yg sama dengan anakku. Yikes!!! Jujur, ada banyak masalah tak terselesaikan antara aku dan ibuku. Ada banyak persamaan sifat antara aku dan ibuku yg justru menyebabkan kami sering sekali ribut dan berdebat. Di mataku banyak kesalahan ibuku yg membuatku takut untuk melangkah ke suatu hubungan. Ketakutanku ini lebih didasarkan pada ketakutan akan mengulangi kesalahan yg sama. Berdasarkan pada apa yg kurasakan saat jadi anak, tentu aku ga ingin anakku besok mengalami hal yg sama seperti yg kurasakan. Jadi, sampai sekarang, sampai aku bisa menyakinkan diriku sendiri bahwa aku sudah belajar dan tidak akan mengulangi kesalahan2 ibuku, aku belum akan mengambil langkah ke depan. Mungkin keputusanku ini keputusan seorang pengecut, tapi aku tidak ingin menyeret orang lain ke dalam pemikiran dan hidupku yg masih sangat labil dan selalu berubah-ubah. Satu langkah yg salah bisa menghancurkan hidup orang lain dan jelas aku ga mau ada dalam posisi tersebut.

Sabtu, 05 September 2009

Otakku, kenapa kau membiarkan saja tanganku melepaskan lembaran2 uang itu?

Warning: sebaiknya tidak keluar rumah, apalagi MENDEKATI toko di minggu2 pertama awal bulan!!! Kenapa?? Boros nyiiaaaaahhhhhh!!!!!!!
Setelah di penghujung bulan kemaren aku cuma bisa merutuki nasibku sebagai orang yg susyeh mengontrol pengeluaran, aku bertekad, bulan ini aku harus bisa mengerem nafsu berhedon-hedon ria. Tapi, belum juga minggu pertama berlalu, aku harus menghadapi kenyataan. Aku GAGAL sodara-sodara sebangsa dan setanah aer!!!!
Hari ini, belum juga aku atur posisi duduk di depan laptop, mbakku udah ngoceh soal rencananya utk cari kaos ke Mirota Batik. Godaaan!!!! Sudah pasti aku ditarik untuk menemaninya ke toko penuh godaan tersebut. Perasaan udah ga enak aja dari rumah. Bawaan mo ngomel mulu. Siapa yg ga ngomel2 kalo berniat suci murni seharum melati untuk berhemat malah dimintain ke toko. Udah gitu, sebagai orang yg berstatus MENEMANI aku justru harus boncengin mbakku ke sana. Belum juga masuk ke toko udah harus ngadepin tukang parkir yg cerewet cuman gara2 motorku ga sengaja kekunci setangnya. Buseettt...bukannya cerewet tuh jatahnya emak2 yah??
Kesalahan terbesarku adalah memasuki Mirota Batik, toko sejuta godaan, dengan emosi tegangan tinggi. Sudah, menyerahlah saya. Begitu masuk, tertemukanlah sederet rok2 batik dengan rajutan benang putih di kerah dan lengannya. Yang seakan menambahkan bensin ke bara api adalah harganya. Rok2 yg tengah menunggu utk diadopsi ini cuma seharga Rp 31.500,-!!!! Kalap abeeeiiiisssss!!!!!!!!
Naik ke lantai dua, bukannya nafsu belanja teredam, justru semakin membara, menjadi-jadi. Liat pernak-pernik aksesoris lagi di tambahi stok baru. Huaa....sudah, secara resmi saya nyatakan bahwa saya lepas kontrol. Bertambahlah 2 anting baru ke koleksiku. Maaf otakku, sepertinya nafsu belanjaku kembali mengkhianatimu.
Abis ke Mirota Batik masih mampir pula aku ke Ramai dan belanja per-sabun-an untuk kebutuhan sehari2. Trus mbakku beli H*** Javacinno dua karton gr2 ada hadiah mugnya. Dan tebak, yg satu karton akulah yg menanggunggnya. Duh, untung model iklannya ganteng. Lumayan meredam perih hati ini yg teriris sembilu bernama kuitansi belanja. Trus sempet pula mampir makan alias nambah pengeluaran. Untung tidak sedang dalam tekana batin yg membelokkan langkah kami ke kafe.
Dan sekarang, disinilah aku. Di sudut kamar. Merenungi nasib. Kenapa?? oh Kenapa?? Kenapa aku tak bisa berhemat?????